Kepedulian, Ulasan

Pahlawan dari dalam rumah sendiri

Saya ingat sejak beberapa tahun lalu, saya membaca beberapa artikel tentang presiden Iran, Mahmoud Ahmadinejad. Tentang kesederhanaan beliau, yang menolak menerima gaji sebagai presiden, tidak mengganti mobil dinas dengan yang lebih modern dan tetap menggunakan mobil lama, rumah sederhana, dan lain lain.
 
Saya sangat menghormati figur figur seperti beliau. Karakter seperti itu, sungguh seperti pahlawan di zaman yang pasti sudah langka dengan jenis seperti itu. namun, saya tidak berada di Iran. Saya tidak bisa benar benar memvalidasi berita itu benar atau tidak, walaupun saya memilih untuk mempercayai.
 
Lain Iran, lain Indonesia. Di negeri kelahiran ini, bukan tidak ada orang seperti itu rupanya. Sekitar tahun lalu, saya membaca tentang Pak Jokowi, walikota Solo, yang persis memiliki figur seperti itu. dan setelah saya telusuri, dia kelihatan lebih hebat. Saya rasa karena dia benar benar ada, dan nyata. Itu satu. Selain itu, ada hal lain yang membuat saya sangat terkesan. Pak Jokowi tidak pernah membicarakan kesederhanaan nya, kepada orang lain.
 
Di mata saya, hal ini luar biasa. Semua hal baik mengenai beliau, lahir dari orang sekitar nya. mereka yang terkesan, dengan sendiri bersuara. Yang akhirnya sampai di telinga seantero propinsi. Malam ini saya melihat beliau di televisi, di wawancarai. “jadi kalau anda tidak mengambil uang gaji anda, dikemanakan uang itu ? apa anda kembalikan atau atau apa kan?” kata si pe-wawancara. Pak Jokowi menjawab, “ saya lebih suka untuk tidak membicarakan hal itu”
 
Dia tetap tidak mau membicarakannya. Dia juga bilang, “keluarga saya memang perlu gaji itu. tapi masih banyak yang lebih memerlukan. Bagi kami, hidup sederhana juga lebih dari cukup”.
 
Saya ingin sekali bisa menjadi orang seperti beliau kelak. Alhamdulillah saya bisa melihat cerita cerita beliau, juga figur figur lain seperti pak Anies Baswedan, pak Ali Sadikin, pak Bibit Samad Rianto, pak Chandra Hamzah, dan lain lain.
 
Pertarungan antara 100 demon dan 5 angel, saya harap dimenangkan oleh para angel. Kita sebagai anak muda, semoga bisa mendukung kekuatan yang kini sudah jarang terlihat ini.
 
Oleh SatuCahayaLangit