Kepedulian, Writing

Kado yang gue mau !

kado
kado
” eh nanti kalo gue ulang tahun, kasih kado ya. ”
pasti kalimat gitu sering aja tuh kedengeran disekitar kita. kadang gue juga mikirin, kalo gue ulang tahun, gue mau kado apa yah. sekelebat muncul bayangan barang barang menarik. lensa, tiket PP ke jepang, jeans keren, jaket, sepatu basket, wah banyak deh. tapi kalau dipikir pikir lagi, entah kenapa buat gue kado udah engga menarik lagi. ps : ini bukan berarti kalo lo kasih gue kado pas gue ulang tahun, gue akan nolak. ga, pasti gue terima dengan senyum sumringah. nah, balik lagi ke hal sebelumnya, entah kenapa hadiah barang jadi kerasa biasa aja.
definisi kado menurut wikipedia adalah : Hadiah atau hibah atau kado adalah pemberian uang, barang, jasa dll yang dilakukan tanpa ada kompensasi balik seperti yang terjadi dalam perdagangan, walaupun dimungkinkan pemberi hadiah mengharapkan adanya imbal balik, ataupun dalam bentuk nama baik (prestise) atau kekuasaan. Dalam hubungan manusia, tindakan pertukaran hadiah berperan dalam meningkatkan kedekatan sosial.
apa sih ? bukan itu yang gue cari. jadi menurut definisi gue, kado yang paling baik adalah kado yang diperlukan, atau diinginkan oleh si penerima kado. efisien gitu jadinya. trus gue nanya lagi dalam hati gue, ‘apa yang gue pengen ya?’. kalo tadi gue bilang hadiah barang kerasa biasa aja, seperti gue punya hal hal lain yang gue pengenin, sebagai kado.
gue pengennn…
mama gue sehat sehat di perjalanannya, bahagia dan menemukan keseruan jalan jalan. pulang dengan gembira dan bawa cerita menarik.
gue pengennn…
ade gue yang uda gede jadi anak yang baik buat orang tuanya. nurut, bikin seneng, doain orangtua setiap abis solat, dan menikmati hidup dengan positif.
gue pengennn…
ade ade gue yang kecil rajin sekolah, pinter di kelas, jago matematika, jago bahasa inggris, dan semangat belajar biar cepet siap bersaing sama dunia.
gue juga pengen…
temen temen gue dari yang kecil sampe yang gede, dari sabang sampe merauke, dari timur ke barat, semua nya hidup dengan semangat dan tidak lesu. kalo jatoh ya bangun lagi. kalo masih blm kuat, istirahat bentar dibawah, baru bangun lagi. kalo cape ya istirahat, tapi abis itu inget untuk lari lagi. mikirin orang lain selain dirinya sendiri, dan mulai sadar kalo berbagi dengan sesama itu lumayan keren. sombong boleh lah tapi sekali sekali, jangan sering. hobi bohong dikurangi, omdo dikurangi, ga disiplin dikurangi juga.
nah yang gue pengen juga…
penebangan hutan di kalimantan dikurangi, kalo emang ga bisa dihentikan. juga lestarikan orang utan dong ! stop penambangan timah liar di Bangka dan Belitung. stop penambangan emas di papua. stop buang sampah di sungai. stop buang sampah dilaut. stop mancing ikan pake bom. stop merusak terumbu karang. stop buang sampah keluar mobil/angkot. stop bohongin rakyat (utk pejabat). stop ambil uang ga halal, uang rakyat, uang yang menurut lo punya lo padahal bukan. stop menganggap korupsi kecil itu boleh boleh saja, karena nanti menjalar, dan menggunung deh seperti pepatah (sedikit lama-lama membukit). stop bilang salah pada yang benar, dan bilang benar pada yang salah. stop omdo ! kalo lo bilang berada di barisan paling depan memerangi korupsi, mana buktinya !? stop menghamburkan uang rakyat untuk hal yang tidak perlu, menurut ocha (rosa dahlia), di Manusela, Maluku ada sekolah yang cuma punya 1 guru aktif yang ngajar 6 kelas, menteri pendidikan ga malu !? stop makan enak, kalo tetangga ga bisa makan. stop belanja di mall kelas atas yang kalo kita beli disitu yang kaya orang asing, kalo sodara kita harus ngutang untuk bisa makan. stop mengabaikan hati nurani kalo dia nyuruh lo berbuat kebaikan. stop ngomong syukur kalo bentuk syukur nya cuma diomongin doang. baca buku biar pinter. belajar dari yang benar, jangan ikutin yang salah. flush eek lo sendiri, jangan suruh orang.
huff. enak juga nulisnya.
nah itu kado yang gue pengen. kayanya lumayan oke juga kan, kalo beneran dapet. nah sekarang, kalo lo mau tamiya, kan mintanya sama papa atau mama. kalo maunya hal hal diatas ? mintanya uda jelas, sama yang menciptakan lo, menciptakan gue, menciptakan pak SBY, menciptakan pak Joko Widodo, menciptakan pulau Dodola yang cantik di Maluku Utara, menciptakan Chuck Norris, menciptakan Indonesia, menulis skenario untuk semua benda hidup di dunia, dan banyak lagi deh. yauda gue sholat dulu deh.
dah !