Coding dan IT

Hardisk External Tidak Bisa di Akses ?

prolog
pada suatu sore yang ceria, saya meraih Kasasti (hardisk external saya) dan mencoba membukanya. biasanya langsung terbuka, tidak pernah kena virus, dan pasti dia akan siap sedia memberikan file file yang saya minta. eh tapi tiba tiba saya melihat ada yang lain pada layar ‘My Computer’. Kasasti tidak bernama, malah tulisannya ‘Generic Volume’. mulai berhati hati, saya memeriksa lewat command prompt.
karena tidak semua tau command prompt, begini caranya (di windows XP) :

1) buka start menu, pilih Run
2) ketik cmd, tekan enter. nanti akan terbuka layar hitam. ini yang namanya command prompt. banyak banget hal yg bisa dilakukan disini, tp ngga saya bahas disini. sekarang kita mau coba akses Kasasti
3) langsung aja ketik drive yang kita mau buka. misalkan, pada saat ini, kasasti ada di drive G. ketik ‘G:’ lalu tekan enter.

nah kalau aman, akan terbuka ‘G:\>’ . tapi pada saat itu, Saya malah mendapat ‘Generic Volume cant be accessed. it might be corrupted or unreadable.’
mulai deh rasa tidak aman muncul. akses langsung dari windows explorer juga memunculkan error yang sama.
mengingat usb cable kasasti pernah rusak dan saya ganti, pendapat pertama saya adalah itu. jadi dirumah, saya cari cable lain. tapi masih tidak bisa juga. jangan2 memang sudah umurnya? pikir saya dalam hati. umur kasasti kira kira hampir 4 tahun. saya melakukan hal yang wajib dilakukan oleh semua orang ketika ingin mengetahui sesuatu, tanya om google!

chkdsk
chkdsk
yah om google langsung menjawab santai, dan jawabannya ada disana. salah satu forum diskusi IT menyebut hal ini disebabkan oleh virus. katanya, ada virus yang menyebabkan kita tidak bisa membuka hard drive. disana seseorang memberikan ide tentang CHKDSK, kedengeran seperti ‘checkdisk’. itu adalah command di command prompt yang berfungsi mengatur indexing file pada suatu drive.
jadi saya buka command prompt lagi, dan pada command prompt, ketik

chkdsk /r G: (karena kasasti ada di G:) , kemudian tekan enter

CHKDSK akan dijalankan, dan nanti akan ada 4-5 fase dimana windows akan mengindex kembali file file, juga me-restore atau mendelete yang rusak. CHKDSK akan berlangsung lebih dari 10 menit, tergantung kapasitas drive yang kamu check. Kasasti berkapasitas 320GB. dan begitu selesai, saya coba unplugged (jgn lupa safety remove) dan mem-plugnya kembali.
PUFF! Kasasti muncul dengan namanya di My Computer. yay, ketika dicoba pun berhasil masuk, semua file masih ada. dan bisa dibuka. Lega nyaa.
segitu dulu IT journal dari saya. berikut tips dan point nya :

1) hati hati ketika mem-plug flashdisk atau hardisk external di tempat umum, khususnya warnet.
2) kalau memang harus dipasang di tempat umum, scan setelah itu. di komputer yang bersih
3) kalau ada kerusakan atau tidak bisa akses, jgn langsung dibawa ke toko, coba google dan selesaikan sendiri

Daah !