Jalan Jalan, Personal, Writing

Yang sebenarnya menang ?

“Sepertinya, ketika kita sedikit membuka kesempatan untuk orang lain, kesempatan yang lebih besar akan terbuka untuk kita”
itu tweet saya malam ini, terinspirasi dari hal hal yang selama ini terjadi pada saya. entah kenapa, sepertinya hal hal baik terus terjadi ketika saya sedikit berbuat baik pada mereka yang membutuhkan.

aku cinta indonesia
aku cinta indonesia
Tahun ini sudah beberapa hal baik terjadi, salah satunya ketika saya lolos sebagai 60 petualang ACI (aku cinta indonesia, program jalan-jalan gratis dari Detikcom), yang dipilih dari 75ribu pendaftar. saya juga beruntung ketika diumumkan kalau daerah petualangan saya adalah daerah yang saya pilih, yaitu Maluku Utara.
keberuntungan ganda ketika di Maluku Utara, ketika perjalanan saya berjalan lancar. mendaki gunung, berenang bebas dilaut, sunset yang sempurna, penduduk yang sangat ramah, pantai yang indah, sejarah yang menyentuh, musik tradisional yang keren, dan salah satu yan paling eksotis, adalah Suku Togutil yang memiliki banyak hal unik. semua seperti warna yang terus saja ditambahkan pada kehidupan saya.

Alhamdulillah adalah kata yang tepat. dan rasa syukur adalah salah satu penyebab semuanya lancar. tidak ada itu, mungkin keluhan akan banyak keluar dari perasaan kita.

Lalu malam ini, semua orang mengucapkan selamat kembali pada saya. yah, saya tentu saja senang. senang sekali. kata mereka saya menang, tapi apa benar demikian ?
Beberapa minggu lalu, saya mendengar sebuah gurauan. tentang Mozilla, Internet Explorer, Internet, dan Listrik. tahu tentang itu ? ceritanya tenang Mozilla dan IE (internet explorer) yang saling membanggakan diri. kemudian Internet juga menimpal, “Kalau ngga ada aku, gimana kalian dibukanya”, katanya, mengaku lebih hebat. Perdebatan ditutup dengan kata singkat dari sang Listrik, yang sebenarnya menjadi asal muasal bisa berjalannya Internet, Mozilla, Maupun IE.
Dengan konsep itu, saya rasa yang sebenarnya menang adalah DETIKCOM ! ya benar, karena jelas sekali kalau mereka yang membuat hal ini, yang untuk beberapa diantara kami, adalah cita-cita, menjadi kenyataan. Cita cita yaitu mengeksplorasi Tanah Air Indonesia. hal kedua yang membuat mereka pantas menang adalah, karena inisiatif mereka untuk membuat program Aku Cinta Indonesia ini, bisa menjadi pemicu rasa cinta tanah air pada banyak orang.
Eh tapi nanti dulu, kalian sudah baca jurnal para petualang ACI2011 (juga 2010) ? kalau kalian baca, dan lihat foto-fotonya, saya rasa kalian pasti setuju dengan saya. bahwa semuanya pantas jadi pemenang. wong di setiap grup itu, cerita seru nya pasti ada kok. dan semua unik, beda, menarik, dan Indonesia banget!

Untuk teman teman ACI2011, kalian keren ! (saya baca jurnal-jurnal kalian, dan suka. hehe)

nah, pembaca yang bukan petualang ACI, juga bisa banget menang! kalian bisa punya petualangan kalian sendiri di tempat yang kalian suka, dan pasti mendapat pengalaman tersendiri, itu yang saya namakan menang. ketika kita puas sekali dengan apa yang kita dapat.
Toh, ngomongin tentang tempat tujuan, di website ACI sudah terbuka kira kira, yah lebih dari 30 titik perjalanan yang bisa dijelajah dan digali cerita cerita didalamnya. bocoran dari saya, para petualang ACI selama 16-20 hari di tempat tujuan, itu juga masih banyak lho yang belum terjelajah. contohnya tim saya, Maluku Utara yang selama 16 hari, baru setengah nya tuh yang terselesaikan. masih ada Halmahera selatan, Tenggara. ada 1 bocoran spesial lagi, tapi yang ini kalian harus langsung tanya sama saya ya 🙂 jadi ada unsur bedanya.

segitu dulu. intinya, ini hidupmu, ceritamu, Indonesia-mu yang menyimpan jutaan keindahan didalamnya, dan kakimu yang bebas melangkah kemanapun kau mau.

Salam !
oleh satu cahaya langit
grup maluku utara
ACI2011
special thanks to
Allah SWT
Mama yang selalu doain saya
Detikcom dan ACI
Grup Maluku Utara, Fanny Kristiadi dan Agung Prasetya
Rakata Adventure dan Sugeng Indradi
Petualang ACI2011
Para penduduk Maluku Utara yang sudah mendukung