Kepedulian, Psikologi, Writing

Profesi Ter-Heroik

Siang siang gini, tetiba aja gue berkeinginan untuk menulis sesuatu. Yang epik, menyentuh, melodrama, dan bisa bikin orang yang baca jadi sedikit lebih baik. Tsahhhh. Gue mau nulis tentang profesi ter-hereoik.

profesi terheroik
profesi terheroik
Menurut KBSCL, kamus besar Satu Cahaya Langit, profesi itu adalah suatu pekerjaan yang rutin dilakukan, dengan hati senang ataupun sedikit menggerutu. Profesi itu banyak sekali ragamnya, mulai dari yang sulit sekali seperti Peneliti, Ilmuwan, Insinyur, sampai yang mudah, seperti pelayan restoran, penjaga toko, tukang parkir, polisi, wah gampang itu. Ada juga profesi-profesi yang bikin kita ngiler, seperti bed tester (pencoba tempat tidur), wine tester, food taster, sampai profesi artis juga pasti bikin kita ngiler kan. Tapi kali ini kita akan membahas satu kategori profesi yang menurut KBSCL itu ter-heroik.
Heroik itu asal katanya Hero. Bukan hero departement store tempat kamu beli susu ulltra 1 liter,  tapi hero dalam bahasa inggris, artinya pahlawan. Nah profesi heroik itu mungkin kita langsung mikir Batman, Superman, Ironman, gitu gitu kan, mungkin juga cicak-man (ada yang tahu cicakman?). Tapi dunia punya label khusus utk mereka, yaitu Superhero. Nah kita mau bahas profesi, pekerjaan sehari-hari, yang ternyata tanpa disadari, memiliki dampak yang sangat baik bagi kita dan bumi. Coba ya kita bahas satu per satu. Urutan tidak menentukan profesi dibawah adalah terbaik. Semua nya sama baik, menurut KBSCL.
#1 Guru
Nah profesi yang satu ini udah jelas heroik. Bagaimana tidak, disemua buku pelajaran sosial SD, disebutkan “guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa”. Nah uda jelas ada label pahlawan nya kan. Guru ini hebat sekali, sodara-sodara.
-Mereka mencerdaskan generasi muda, mencerdaskan bangsa.
-Mengajarkan ilmu yang bisa dikembangkan terus menerus.
-Membuat kita ngerti mana yang oke mana yang ngga.
-Pengganti orangtua kita pas kita lagi disekolah. Beberapa guru bisa dicurhatin lho. Misalnya guru BK
guru
guru
Kalo kurang yakin, coba deh, sekarang lo lagi baca tulisan ini kan, dulu siapa yang ngajarin lo baca sampe lancar? Nah guru kan. Liat sekarang jam berapa, berapa jam lagi hari berganti? Nah itu guru juga yang bikin kita ngerti kan. Do you know english? Francais? Espanyola? Itu guru juga yang ngajar. Bah, banyak banget deh kehebatan guru ini. Makanya, sodara2, jangan pernah deh melawan guru, kualat ntar. Yang ada, kita harus terima kasih sama mereka.
#2 Tukang sampah, atau pemulung
Emang mereka ga punya pepatah “tukang sampah adalah pahlawan bla bla bla” , ga ada. Tapi kalo ga ada mereka, bah, itu siapa coba yang ngangkut sampah dari tempat sampah diluar rumah lo. Bayangin, kalo setiap rumah berukuran 100 m aja punya 3kg sampah per hari nya, dalam seminggu bisa jadi 21kg tu kan. Itu satu rumah, lah kalo satu komplek ? wah bisa lebih berat dari si komo kali tuh. Sambil nulis ini, sekarang di bundaran HI ada demo buruh, pasti gada yg kerja dong di pabrik mereka. Nah gue mikir aja gitu kan, gimana kalo tukang tukang sampah pada mogok dan demo? Baaahhh, sampah dimana mana berserakan dan ga diurus nanti. Ampuun dah, makenye hormati selalu abang abang yang ambil sampah dirumah lo. Tawarin teh poci kek, kue khong guan kek, atau beliin susu ultra milk juga epik tuh.
Kegunaan abang sampah di bumi ini :
-mengangkut sampah dari rumah kita yang asri ini, menuju tempat lain. Dia mindahin hal-hal kotor dan bau dari rumah kita.
-tukang sampah yang lebih keren, nantinya akan me-recycle sampah tadi, jadi sesuatu yang bisa berguna.
#3 tukang bersih-bersih, atau cleaning service
cleaning service
cleaning service
Mungkin kedengeran biasa sih, tukang sapu mall, tukang sapu jalanan, karena dibayangan kita yang disapu cuma debu, daun daun kering. Tapi coba bayangin kalo di mall ada orang muntah, di bis ada bocah Eek di bangku, atau di toilet ada yang ga ngeflush, atau Eek nya nyebar ke lante. Wahh itu horror yang lebih serem dari The Ring dong pastinya. Gue jamin, lo juga kalo gue kasih 50rb blm tentu mau bersihinnya. Tapi dengan baik hatinya, dan walaupun gaji kecil, para tukang bersih ini membersihkan kotoran kotoran yang ga semua orang mau bersihin. Disinilah gue kasih mereka penghargaan profesi ter-heroik.
#4 Sopir angkutan umum
Ini juga pasti kedengeran biasa. “hah, masa sopir angkot ter-heroik?” tenang dulu. Emang yang kebanyakannya, sopir angkutan umum biasanya ugal-ugalan, ngebut, dan ga enak deh bawanya. Tapi kalo lo setia menggunakan angkot kaya gue, pasti lo pernah setidaknya sekali dua kali ketemu yang enak banget dan ramah. Ga ngebut, ga brenti mendadak, bilang terimakasih pada penumpangnya, sampe nunggu sampe penumpang duduk baru dia jalan. Nah yang gini ini, akan bikin nyaman kita sebagai penumpang. Pasti dong kita akan berterima kasih pada si sopir, minimal dalam hati. Nah kalo satu penumpang aja bilang gitu, bayangin, brapa penumpang perharinya yang akan tertolong karena si sopir angkot, pastinya ada puluhan. Apalagi bis umum, apalagi kereta. wah disitu pointnya. Belum lagi harga angkutannya yang emang murah, dan terjangkau buat masyarakat bawah.
#5 pencipta lagu anak
Pasti kita semua pernah kecil dong. Tapi pernah ga ngalamin jaman dimana lagu anak itu enak banget untuk dinyanyiin. Pasti ga semua dari pembaca yang ngalamin. Khususnya yang lahirnya setelah tahun 2000, nah biasanya nyanyian anak-anaknya udah pake lagu remaja tuh. Padahal ya, lagu anak itu epik banget kalo dipikir2. Lagunya mudah diingat, liriknya bagus, berirama, dinyanyikan sambil lompat lompat dan tersenyum gitu, bah keren banget kan. Nah setiap produk yang bagus, itu  penghargaan kita kasih ke penciptanya.  Makanya pencipta lagu anak memainkan peran penting disini.
Nah udah list gue segitu dulu. Mungkin ada lagi sih, tapi tar gue lanjutin lagi di versi 2. Gue udah make waktu kerja lebih dari 20 menit ni buat nulis ginian. Tar dibilang magabut.
Have a good day. Oh, inget, profesi-profesi diatas, selalu junjung tinggi ! jangan kau nodai #jagalahHati
SCL