Film, Ulasan

Pacific Rim – Perang raksasa dengan bumbu ala Jepang

pacific rim
pacific rim
Sebagai korban trailer yang konsisten, gue uda ada good feeling pas nonton trailer Pacific Rim ini. Ditambah begitu liat nama sutradaranya, si Guillermo Del Toro, pembuat beberapa film apik, salah satunya, Mama, gue langsung “Oke, film ini masuk must-watch list”. sebegitu sok tau nya.
Film bergenre robot-robotan itu salah satu yang gue ga gitu suka. Bareng sama film drama, animasi, dokumenter, atau film berlatar belakang jaman dulu. Makanya gue ga terlalu nungguin Transformers series, atau bahkan, gue belom nonton Real Steel lho, yang katanya super apik itu.
Tapi gue ga nyesel sama sekali lho nonton Pacific Rim. yang ada, mungkin gue ngasih overall score 8 ke film ini. Hampir semua objek penilaiannya, itu ngga ada yang jelek. Pacific Rim ini seru, tegang, dramatis. Sekelas Battleship, tapi kayanya lebih keren lagi.
Filmnya dibuka udah dengan adegan tegang dan langsung ke peperangan. Bercerita tentang dunia yang diserang oleh mahluk asing (alien) berukuran raksasa, dan bumi porak poranda. Tank dan jet ga bisa menjatuhkan si alien-alien besar ini. Makanya manusia menciptakan senjata baru, “Melawan monster dengan monster”, slogannya. Mereka membuat robot raksasa.
Dari intisari sinopsis diatas juga uda ketebak sih jalan ceritanya. Kalah dulu, lalu bikin robot, lalu menang, kalah dikit, lalu akhirnya menang total. Itu bener juga. Tapi banyak detail lain yang bikin film ini ‘Kaya’. Misalnya, aliennya ga cuma satu, tapi banyak dan nambah lagi nambah lagi. sementara robotnya makin dikit. Lalu si alien juga kejagoannya ga sama. sementara robotnya kurang lebih sama aja jagonya. Walau generally ketebak, gue bisa bilang scriptwriting film ini lumayan bagus. Detailnya banyak. Lebih dari Transformers.
Dari penyebutan alien dengan ‘Kaiju” dan robot dengan ‘Jaeger’ , gue nebak ini agak-agak jepang ya ‘bumbu’ nya. Ditambah salah satu pemeran utamanya juga asalnya dari Jepang, dalam cerita itu. Ada satu hal lagi yang nambahin ke-Jepang-annya, tapi nanti jadi spoiler, gue tinggalin untuk kalian nonton nanti.
Di moral value aja film ini agak kurang barangkali. Ga banyak yang bisa gue ambil selain kerjasama, membela kebenaran dengan kekeh, agak tipikal. Jadi ini summary score nya !

  • storyline : 7,5
  • unique detail : 8
  • act : 8
  • sound and screenplay : 8
  • overal score : 7.88
  • must-watch : YES !
  • recommended for : robot genre lovers, action seeker, teens
  • not recommended for : drama princess, thriller/serious movie addict, kids (lots of destruction inside)

nah kira kira begitu. maap summary nya pake bahasa inggris. hihi dan ini bagi yang mau liat trailernya di youtube.
[youtube=http://www.youtube.com/watch?v=5guMumPFBag&w=560&h=315]