Writing

Tips Mulai Menulis

Seperti air sungai yang alirannya lancar, otak manusia tak terbendung juga ide dan pikiran yang muncul dan lalu lalang.

mari menulis
mari menulis

Dan seperti berbicara, menulis juga salah satu cara untuk mengeluarkan apa yang ada di otak kita. Ini salah satu kegiatan positif yang menurut gue bagus banget. Kita jadi terampil dalam mengeluarkan apa yang kita pikir, menurunkan resiko kebanyakan pikiran. Gue juga berpendapat menulis itu salah satu theraphy untuk kita agar semakin mengenal diri sendiri.

Lalu apa semua orang bisa menulis ? itu sama aja kaya bertanya, “apa semua orang bisa berbicara?” atau “apa semua orang punya pikiran?”, yang jelas jawabannya adalah : iya pasti bisa. Semua orang pasti punya sesuatu dipikirannya. Misalnya aja ketika nonton berita soal Tes Keperawanan di SMA, nah pasti lo langsung punya pendapat tentang itu. Atau abis nonton film, pasti berpendapat antara film itu bagus atau jelek, atau apa yang kurang dalam film itu. Bisa juga setelah lo pulang dari perjalanan seru, atau abis berkenalan sama pemulung yang kekeh ga mau mengemis karena dia percaya hal itu ga baik.

Semua orang bisa nulis seperti semua orang bisa berbicara.

Tapi bagi yang belum terbiasa menulis, kadang kertas kosong atau dokumen kosong microsoft word itu bikin kita jadi sama blank nya. “mau nulis apa nih ya?”. Beberapa temen gue juga seperti itu, dan bahkan, dulu gue juga gitu lho. mungkin WS Rendra juga gitu dulu. hehe. Untuk itu ini gue coba karang beberapa tips untuk mulai menulis.

#Ide duluan
gue selalu menulis kalo dari awal gue tau apa kira kira yang gue mau tulis. seperti contoh gue diatas, misalnya ketika lo abis denger atau baca topik hangat dan lo punya pendapat, baru deh buka kertas atau komputer lo untuk nulis

#jangan pedulikan panjang tulisan
tulisan ga harus panjang. 1-2 paragraf juga sudah cukup. Bahkan kayanya untuk yang sulit sekali menulis, 1-2 kalimat juga nanti lama-lama pasti nambah panjang.

#jangan takut salah
dalam menulis gue percaya salah bener itu cuma kecil banget propotionnya. yang disalahin itu biasanya kalo lo nulis fakta yang salah. atau ejaan tulisan lo salah. tapi kalau lo nulis pendapat, itu bebas banget. begitu juga catatan perjalanan.

#kerangka
kalo mau nulis cerita, gue selalu inget pelajaran bahasa indonesia pas di sekolah, dimana kita disuruh buat kerangkanya dulu. nah itu tepat banget untuk dilakukan. kalo blm kebayang alurnya, mending tulis kerangka sederhana dulu. misalnya lo mau cerita jurnal perjalanan ke Baduy. lo bisa bikin kerangka seperti ini.

bagian 1 : berangkat pake truk
bagian 2 : trekking nya 6 jam !
bagian 3 : suku baduy yang penuh eksotisme
bagian 4 : mandi di sungai
bagian 5 : pulang

satu bagian satu paragraf juga udah cukup kok. kalo bisa lebih detail dan lebih panjang tentu akan lebih menarik.

nah gitu kira kira tahap pertama dalam memulai tulisan. coba deh dipraktekin =)