Psikologi, Ulasan

Pertandingan saudara sekota yang sengit

sepakbola
sepakbola

Semakin tua semakin jadi. Mungkin kaya gitu juga kesukaan gue sama sepakbola. Suka secara general, main bisa dikit, tapi suka lari lari dan kejar bola. Nonton malah lebih suka lagi. Gaya bermain satu tim yang seperti irama, komunikasi tanpa berbicara, tehnik yang dipertontonkan, dan seperti malam ini, bobot suatu pertandingan kadang bisa membuat gue jadi deg-degan banget.

Pas nulis ini sih jantung gue udah mulai menenang kembali. Tapi 30 menit lalu, pas pertandingan final liga champions antara Real Madrid melawan Atletico Madrid berjalan di menit ke 90, menit dimana pertandingan sudah akan habis, itu jantung gue cepet banget detaknya. Si Atletico lagi menang 1-0 dan mereka Cuma perlu 3 menit lagi untuk memenangkan gelar juara liga champion yang pertama kalinya. Dipertandingan itu gue mendukung mereka banget, karena menurut gue, mereka tim kecil tapi semangatnya gede banget sampe bisa ada di final, melawan tim terbaik di dunia si Real Madrid. Dan karena semangat itu juga mereka menjuarai liga spanyol musim ini, mengalahkan Barcelona dan Real Madrid.

Atletico memulai babak awal dengan bagus banget. Taktik passing segitiga mereka ngingetin gue sama jagoan gue si Barcelona. Cuma aja, berbanding tiki taka (gaya passing cepat Barcelona), Atletico diiringi kecepatan dan power yang baik juga. Keliatan banget deh mereka itu main dengan semangat mau merebut juara. Sesuatu yang enak diliat. Semetara Real Madrid memulai babak pertama dengan kurang asik. Passingnya banyak salah dan dipotong oleh lawan. Tapi ya tetep aja, tim terbaik didunia, kecepatan, skill pemain, dan mental mereka masih jauh diatas Atletico. Ronaldo masih keliatan senyum ketika Real Madrid ketinggalan 1-0.

Mungkin pelajaran yang bisa kita ambil dari mereka adalah : semangat dan kerja keras bisa merubah sesuatu. Merubah asumsi kalau yang kuat selalu menang, atau yang pintar selalu lebih berhasil.

Yah moral value itu mungkin ngga baru dan ngga asing, tapi, udah mulai dipraktekin dan diserap belum?