Idea, Kepedulian

iklan buah

minum
minum

pernah lihat iklan Coca-cola atau minuman dingin lain? dimana aktornya sedang panas-panas di jalanan, plus jalanan sibuk atau malah padang pasir, lalu entah darimana tetiba dia minum Coca-cola dingin yang sangat menarik sampai tegukannya di tenggorokan pun dibuat sound effectnya Glek, glek,glek. Atau gausah jauh jauh ke iklan deh, kadang di ibukota yang panas banget juga, dimana kita nunggu bis di jalan, dan kita udah pulang kerja, cape, eh ada orang disebelah minum Pocari Sweat dingin sampai dia “Aaahhhh” setelah minum. Engga jarang itu bikin kita juga jadi pengen minum. Pengen kesegaran itu. pengen coca cola nya. itu gue sebut efek iklan. karena sama kaya iklan televisi, orang-orang yang melakukannya juga adalah iklan hidup bagi si coca cola dan merk-merk lain itu. lebih dashyat malah efeknya, karena langsung ada didepan muka kita.

nah sekarang ganti coca cola tadi dengan buah. Buah yang kamu suka apa? jeruk, apel, mangga, semangka, atau anggur? nah beda dengan di coca cola dan minuman soft drink lain, dimana minuman minuman itu ngga bagus untuk kesehatan, buah justru bagus banget. Banyak vitaminnya dan sehat. Gue bisa menyebutkan beberapa kebaikan yang bisa muncul kalo kita semua melakukan project iklan buah ini,

1) Masyarakat jadi lebih sehat.

pastinya dong karena buah itu sehat. dikit banget kita pernah menemukan kasus kelebihan vitamin, yang ada malah oke banget. coba, mana ada ibu marahin anaknya “eh Adi, stop makan mangga, nanti kamu kelebihan vitamin c.”, ngga ada itu.  Indonesia jadi makin sehat, generasi penerus tambah pintar. Mensana inkorpore sano, abis tubuh kita sehat, ada jiwa yang kuat. orang orang bisa lebih bertenaga, lebih kreatif, lebih awesome, lebih rajin, pangkal pandai. halah. banyak kan. ini sejalan dengan prinsip nya presiden baru kita Presiden Joko Widodo, yaitu revolusi mental.

2) Bisa bantu sesama

jengah ngga sama pengemis yang tiap hari mengisi kehidupan ? gue sih iya. dan sejak dulu gue uda menerapkan “ga ngasih duit, tapi makanan dan susu iya” , terutama ke pengemis anak-anak. gue percaya duit itu efeknya ga bagus, jauh lebih bagus memberi rasa, senyum, ya gitu gitu deh. dan kalo lo melakukan iklan buah ini, bisa mengganti pemberian duit kita, dengan buah. win win solution, mereka kenyang (dikit), dan kita bebas dari rasa bersalah karena ga ngasih duit (kalau misalnya pengemisnya nenek tua atau anak kecil banget). bonusnya, kita juga bisa merasa bahagia karena bikin 1 pengemis lebih sehat (dikit). dan kalo kita tipe orang yang mudah ngomong sama orang baru, pasti bisa terjalin obrolan-obrolan iseng. siapa tau kita bisa motivasi dia supaya kerja, dan ngga ngemis.

di stockholm sini juga, jangan kira ga ada pengemis. ada juga di tiap perempatan atau sudut jalan. biasanya kaum gypsy dari rumania yang konon kabarnya emang gaya hidupnya ga suka kerja dan lebih pengen ngemis. minggu kemarin gue naik kereta sambil bawa anggur 1kg (bukan maruk, tp di supermarket lagi diskon). jadilah di jalan gue ngemut ngemut anggur satu persatu. orang-orang pada ngeliatin, karena kayanya buat orang sini ga gitu lazim deh sambil jalan atau nunggu kereta, ngemut anggur. gue bodo amat, mau sehat nih. yang penting ga nyampah juga. lalu gue duduk dikereta, didepan gue ada cewe swedia muka nya lagi sedih banget. kereta jalan, ada pengemis mulai beroperasi. dia bagiin kertas dengan pesan ke tiap jejeran bangku kereta. isinya ya tentang “saya punya anak 3 dan tidak punya kerja. bantu kami, bla bla bla”, setelah 8-10 jejer dia bagi kertas, dia balik lagi ke jejeran awal untuk ambil kertas dan uang donasi dari penumpang (kalo ada yang kasih). biasanya mereka ga ngomong apa-apa pas ngambil kertas, tumben kali ini dia plus ngemis juga, “tolong dong, kasih gue berapa aja” kata dia, trus gue minta maaf karena ga bisa kasih uang. nah disini serunya.

dia liat kotak anggur gue, trus tangan gue yang metik anggur, trus AAAM gue makan ke mulut gue. persis iklan buah. trus dia bilang lagi, “boleh ngga gue minta anggurnya dikit? gue laper”, kata dia. gue langsung senyum lebar ! “nih buat lo semua aja. enak lho anggurnya” , kata gue seneng. selain emang gue suka ngasih makanan, gue juga udah abisin setengah kotak. setengah kilo berarti. cakupan vitamin gue uda cukup hari ini. trus dia seneng juga abis dikasih. dan langsung makan tuh anggur. nah cewe didepan gue yang tadi sedih itu jadi senyum lebar juga. dia ngeliatin gue terus sambil siap siap turun. sampe sampe, dia lupa untuk pegangan ketika kereta mau berenti (disini kan berenti dan jalannya kereta dadakan jadi kalo ga pegangan bisa jatoh), dan BRAK, si cewe itu ktabrak pembatas kursi, karena guncangan kereta. dia malu gitu tapi tetep senyum. gue sama si pengemis masih asik nyemilin anggur bareng ngeliat kejadian itu. abis itu gue pamit.

3) bisa bebas sedikit dari gadget

termasuk orang yang dikit-dikit liat hape ga? gue kadang gitu. malah kalo gue perhatiin, orang nunggu kereta sambil mainan hp, dengerin musik di headphone gede dan musiknya kedengeran ke sebelahnya. kapan ini orang orang mau ngobrol dan punya temen baru ya, pikir gue. padahal gue juga gitu kadang! tapi gue sadar dan mencoba menghindari, jadi gue mulai gerakan iklan buah ini, ya jadi tangan gue ke okupasi megang dan makan buah. omnomnomnomnom. seperti poin kedua diatas, bukan cuma pengemis, mungkin orang yang liat dan kena efek iklan buah ini akan datengin kita dan minta. mayan, temen baru.

nah mungkin segitu dulu artikel hari ini. semoga kalo kita rasa ini kebiasaan oke, bisa dilakukan pelan pelan, kalo kurang oke, bisa di modif sedemikian rupa, biar jadi keren banget.

SALAM 3 JARI !