Coding dan IT

Test ping internet sharing im3 vs simpati

Sebenernya udah lama gue mau ngetest kecepatan dua provider ini, tapi baru hari ini bener bener kesampean. Sebelumnya, gue selalu nebak-nebak, paket data mana yang lebih asik untuk keperluan gue. Dan keperluan gue ini juga ga terlalu general, dan sedikit ribet. Gue perlu internet yang stabil (ga putus-putus), dan menjangkau tempat pelosok.
Dalam keduanya, gue nebak simpati akan menang, karena dulu pernah pake dan bisa konek inet walaupun sampe di Sumbawa sekalipun, sementara im3 kadang gue sering harus restart internet nya untuk connect ulang, plus di tempat pelosok, sinyalnya lebih sedikit. Walaupun gue tau simpati harganya akan lebih mahal.
Paket yang gue bandingkan hari ini adalah,
indosat im3 paket kuota 11gb – 49rb . 11gb nya ga murni karena yg murni cm 1,5gb. 5gb tengah malem, dan 4,5gb siang hari.
vs
telkomsel ultima kuota 2gb – 65rb. 1gb di 2g/3g dan 1gb lagi di 3g murni.
ngeliat dari harganya sih indosat im3 menang jauh. tapi apa speednya kalah jauh dari simpati? test nya dilakukan di kemang, jakarta
im3 tethering via usb cable
im3tether
 
im3 tether via wifi hotspot
im3wifisimpati tether via usb cable
simpatiTethersimpati tether via wifi hotspot
simpatiWifi
 
nah itu perbandingan dua paket di dua cara sharing internet. dari situ kita bisa simpulkan kalau simpati sedikit lebih cepat tapi jauh lebih mahal. tapi dengan kelebihan menjangkau area lebih pelosok. sedangkan kalau mau murahnya, dan kecepatan juga ga terlalu jelek, pilih indosat.
kepputusan yang gue ambil setelah test ini adalah : tetep pake im3 kalau sedang di jakarta, dan ketika di pelosok, pake telkomsel.
terima kasih telah membaca !
*tes dilakukan di samsung grand duos.
sebagai penutup, ini internet kantor gue
emric