Tidak ada kategori

Ekspresi Super

ekspresi
ekspresi

Disore selasa yang tenang ini gue lagi enak enak ngemil sambil scrolling sebentar di facebook, eh ada artikel ini dari suatu media berita online. Gue mengamati sebentar foto ini. Diambil oleh fotografer Osman Sagirli. Ceritanya si anak di Suriah ini mengangkat tangan karena mengira kamera ini adalah senjata, jadi refleks ia mengangkat tangannya.

Gue bukan fotografer pro tapi suka dengan fotografi ekspresi manusia. Bukan pengajar anak secara resmi tapi dari minggu ke minggu berurusan dengan anak-anak kecil juga. Foto ini nyayat nyayat dari banyak arah. Gue membayangkan ranah disana yang sudah terlalu sering dan sudah kepalang terbiasa dengan senjata, suara senapan, teriakan, dentuman, dan tertodong senjata adalah hal yang kalau di Jakarta seperti bertemu pengamen di warung, sering sekali. Setidaknya 4 kali sehari.

Dalam raut wajahnya juga terasa kesedihan. “Jangan tembak gue” , gue bayangin wajahnya ngomong itu. Atau “Gue ngga bersalah dan berniat jahat”, sambil angkat tangan. Ah gue soktau banget.

Kita beneran harus bersyukur di tempat kita tidak ada hal sesulit disana. Dan apa ya yang kita bisa untuk bantu bantu sedikit? uang? adopsi anak-anak disana?