Film

Film horor yang memuaskan dahaga

Buat yang takut film horor sih disarankan jangan nonton film ini. Tapi untuk penyuka film horor, ini salah satu film yang wajib ditonton. Sekelas Conjuring dan Mama dan Insidious.

deborah logan
deborah logan

Gue pernah menulis tentang ciri-ciri film horor yang bagus itu gimana? Gue ulang lagi dikit deh, atau kita asumsi aja gue belom pernah nulis. Jadi gue kan suka banget ya film horor dan selama beberapa tahun ini, dan gue kadang melihat pola dari hal-hal yang gue perhatikan. Di film horor yang bagus bagus (bagi gue) itu selalu ada hal-hal ini :

A) Anak kecil atau lansia
Yes, kalau yang jadi hantu adalah anak kecil, atau anak kecil yang dirasuki, atau yang digangguin itu anak kecil. biasanya akan jadi serem banget
B) Rasa kekeluargaan
Di film Mama uda jelas ya kedua ibu berantem memperebutkan anak, itu menyentuh banget. Di Conjuring ada 1 keluarga yang dihantui dan kedua orangtuanya saling bahu membahu melawan si hantu.
C) Adegan diam atau gerakan yang ga biasa tapi serem
Ini juga selalu ada di film-film horor yang gue suka. Di The Last Exorcism, ada adegan si Nell berdiri diam di lorong, menghadap ke belakang. Di Conjuring ada momen si anak jedot-jedotin kepala ke lemari. Oh ada juga ketika salah satu anaknya berdiri di tangga, diam.

The Taking of Deborah Logan (TTDL) juga punya ketiganya. Film ini mengisahkan seorang ibu yang udah sangat tua dan menderita Alzheimer. Anaknya lalu ingin membantunya tapi tidak punya uang, jadi ia menerima tawaran kelompok kampus yang ingin mendokumentasikan penyakit ibunya, dengan imbalan uang yang akan ia gunakan untuk kesembuhan ibunya. Pada pola ciri film horor diatas, disini TTDL juga memiliki poin A,B dan C. Dia punya si nenek itu, sebagai lansia yang udah lemah tapi masih aja dirasuki. Kasian banget.

Lalu dari sinopsis diatas juga uda bisa diliat kalo ini tentang kasih sayang anak ke ibunya juga. Kita akan dibuat miris dengan nasib si anak yang ngeliat ibunya dirasuki dan berbuat aneh didepan matanya. Belum lagi sakit kerasnya. Dan sikon ekonomi mereka yang ngga bagus.

Nah kalo adegan atau gerakan ga biasa di film ini, banyak banget! Sebentar sebentar ada. Sebentar-sebentar si nenek berdiri di sudut yang ga biasa dan aneh. Serem. Belum lagi tatapannya, dapet banget. Good akting, nenek ! (lupa siapa pemerannya). Dan kita semua tau film horor sekarang sering banget mengandalkan suara keras dan kagetan untuk nakutin penonton. Nah itu ga didapat di film ini. Maksud gue, tetep ada, tapi volume suara kagetannya ga akan sekeras di film Insidious atau Lazarus Effect misalnya, atau Paranormal Activity tuh sering main hening trus suara kencang poll. Di TTDL masih masuk volume enak, nah yang ngagetin ya adegannya itu tadi.

Gue nonton barusan udah yang kedua kali. Pertama kali di DVD dan sekarang di bioskop, itu puas banget ! cobain deh, temen-temen.

Sampai jumpa di ulasan berikutnya !

Statistik film The Taking of Deborah Logan
Cerita : 7
Kreatifitas adegan : 9
Suara dan musik : 8
Akting : 8