Kepedulian, Personal

Cara Keren Menyikapi Suatu Berita

Hi Guys ! Sebelumnya gue mau menyampaikan, Selamat Hari Raya Idul Fitri 1436 H. Minal AIdin Wal Faidzin. Mohon maaf lahir dan batin. Semoga amal ibadah kita di bulan Ramadhan kemarin diterima Allah SWT dan berkahnya terasa hingga ramadhan dipertemukan dengan kita lagi ya. Aminn.

baca berita
baca berita

Oke jadi gue mau bahas tentang cara cara orang menyikapi suatu berita nih. Khususnya anak-anak muda macam kita, yang bersemangat sekali bersuara, kadang ga memikirkan dampaknya dan “yang penting gue bersuara” aja. Khususnya juga, menanggapi berita-berita yang miring, belom tentu jelas, bernada fitnah, dan yang paling rebek, berita tentang konflik agama. Ah udah jadi lagu lama deh tuh soal itu. Lo tau ga lagu nya? lupa ya? biar gue ingetin,

ISU AGAMA ITU SELALU PALING MUDAH BIKIN KITA TERCERAI BERAI

udah inget kan sekarang sama lagu itu? gampang sih justifikasi dan alasannya. Karena kita semua sok pintar, sok merasa uda mengikuti jalan yang benar dan ogah mencari kebenaran yang lebih benar lagi dari apa yang udah kita mengerti sekarang. Padahal di agama manapun nih ya, pasti ada ngajarin yang semacam di Islam diajarin, yaitu Hablum Minallah (hubungan manusia pada Allah SWT) dan Hablum Minannas (hubungan manusia dengan manusia lain). Hubungan kita sama tuhan kita sih bodo amat, biar kita sama tuhan kita aja yang tau. Sisanya, yang didunia dan keliatan, yaitu gimana membangun hubungan baik antara sesama manusia. Bagi gue pribadi, ga penting seagama atau ngga, yang penting rukun.

Nah lalu gimana dong cara menyikapi pemberitaan dari media yang beragam ini? kadang media ada yang nulis karena buru-buru kejar target jadi setengah sadar nulisnya, ada yang sengaja mau bakar-bakaran, dan konon ada juga yang dibayarin beberapa pihak untuk memecah bangsa kita. nah makanya guys, kita harus punya cara keren untuk menyikapi berita apa aja yang masuk. APA AJA. mulai dari gosip abang sate sama pembantu tetangga, sampe berita kasus korupsi dan berita penyerangan masjid di papua.

ini cara keren ala bang atu

1 FILTER JENIS BERITA POSITIF ATAU NEGATIF

berita positif itu misalnya Indonesia Mengajar lebih digencarkan dan didukung oleh tiap kabupaten. Atau ganda campuran indonesia menang di All England. Nah kalo dia berita positif, oh aman, silahkan langsung di share. kalo berita negatif, lanjut ke langkah kedua.

2 LIAT SUMBER BERITA

sumber berita nih bisa macem macem banget. Dari mulut temen, dari koran, dari berita online, dari situs berita ecek-ecek, dari para tukang ojek, para supir taksi, para bencong pulang kerja juga bisa ngasih kita berita. Nah sekarang, sumber beritanya harus dipastikan juga. Berita valid bagi gue adalah berita dari media-media yang udah umum, kaya kompas, detik, dll. Gue sadar banget kalo mereka itu juga bisa mihak, tapi setidaknya, mereka uda lama berkibar, dan kontennya ga melulu soal konflik. CIRI CIRI situs berita ga terpercaya itu, beritanya kebanyakan konflik dan tiap lo baca, lo marah.

3 BERSIKAP COOL

cool itu dalam bahasa dayak artinya Dingin. artinya kita tenang dengan kabar yang biasanya bikin orang gempar. “Oh ada kejadian gitu ya? oke” lalu melanjutkan aktifitas. Cool. itu keren. Nah lawan dari Cool adalah Hot. bahasa sansekertanya artinya panas. Baru diliatin foto Jokowi minum pake tangan kiri aja udah langsung ribut ribut di sosial media “JOKOWI SESAT, KAFIR”, yaelah broo, kita kan gatau tangan kanannya lagi apa. siapa tau lagi salaman, atau lagi megang madu, atau lagi megang tangan helo kiti. tangan berbie. RX Bio. wah banyak banget kemungkinan yang kita gatau. jadi jangan sotoy.

4 KRITIS TERHADAP YANG NEGATIF

yang ini artinya, kalo ada berita berita aneh, kita jangan langsung telen bulet bulet. Kalo kuaci gapapa, enak soalnya kulitnya. Kalo berita negatif itu tuh, kita harus tanya dulu, tadi kan udah soal sumbernya, kemudian kritisi juga motifnya, “Ini yang nulis jangan-jangan maksudnya jelek. mau bikin kita berantem.” boleh kok mikir kaya gitu, karena dengan mikir kaya gitu, berarti lo MENDAHULUKAN PERDAMAIAN MASYARAKAT diatas ego pribadi lo.

5 POSITIVE THINKING

Setiap berita aneh yang kita terima, itu harus kita cari dulu analisa positifnya, sebelum ambil kesimpulan yang jelek dan malah bikin amburadul. misalnya nih ya, ada berita dari tetangga, kalau Pak RT nikah lagi karena selingkuh. Kita tanya dulu, istrinya masih ada atau ngga? siapa tau si tetangga ga tau kalo istri pak RT udah meninggal. atau misalnya ternyata istrinya udah merestui pernikahannya dengan istri keduanya. Inget, dengan berpikir negatif, kita membiarkan ada kuman bersarang dalam hati kita. Jadi ga bersih. Berpikir positif kebalikannya, bikin hati jadi tenang, damai

6 MIKIR SEBELUM NGESHARE

Sebagaimana dakwah dan kabar positif itu indah dilakukan di media sosial, begitu juga kabar negatif. gosip. provokasi. Bete nya lagi, kabar kabar miring itu justru lebih dinikmati sama kebanyakan orang orang kita. Berita berita murid kita juara olimpiade cuma nongol satu menit di berita, sebelum ketutup berita lain. Giliran berita gosip, perang, provokasi, nongol 3 hari, di share 2ribu pengguna facebook asal-asalan. Maka dari itu, cara kerennya adalah, MIKIR SEBELUM NGESHARE. apakah yang lo share udah berupa kebenaran banget? apa yang lo share positif dan bukannya bikin orang tambah bingung dan tambah berantem?

udah sih itu aja tips dari gue. Indonesia itu terdiri dari 250an juta jiwa, beratus ratus suku bangsa, bermacam agama, nyatuinnya itu susah banget kemaren. kalo lo peduli, lo juga harus berusaha keras mempertahankannya, bukannya terpengaruh devide et impera model baru.

SALAM KEREN !