Inspirasi, Ulasan

Gantz

download

Manga karya Hiroya Oku ini baru mulai gue baca minggu lalu, tepatnya 24 januari 2016. Siang ini gue baru aja tamat baca 383 episodenya. Dengan pembagian episode: 40 episode di empat hari pertama, 40 episode di hari ke-5 dan ke-6, 240 episode di hari ke-7 dan 63 episode di hari ke-8 (hari ini). Sabtu malam kemaren, abis berenti di tengah nonton Spectre karena bosen, gue mulai baca Gantz sekitar jam 1 malam. Tadinya mau 20 episode aja, pengantar tidur gitu. Taunya ga bisa berenti dan pas sadar, udah subuh (jam 630 di Swedia). Makin lama dibaca, makin seru ceritanya.

Plot Cerita

Gantz ini bercerita tentang cowo SMA bernama Kurono Kei yang mati tertabrak kereta ketika menyelamatkan orang yang jatuh di rel kereta. Sebenernya dia orangnya egois, ga peduli sama orang lain, dan dia juga mesum. Setelah ketabrak dan mati, dia muncul di ruangan apartment sama orang lain yang dia ga kenal. Ada bola hitam besar disana, Ngga bisa keluar dari ruangan itu, si bola ngasih misi memburu alien kepada orang-orang yang baru mati diruangan itu. Ngga lupa dikasih juga senjata dan baju pelindungnya. Perburuannya menghasilkan nilai dan ketika selesai, mereka bisa kembali ke hidup masing-masing, untuk tetap dipanggil lagi suatu ketika ketika ada misi lagi. Tapi ketika mereka mati di misi, mereka udah ngga bisa hidup lagi. Gantz bercerita tentang petualangan dan misi Kurono dengan teman-temannya dalam mencari tau apa sebenarnya Gantz ini, dan kenapa mereka disuruh melakukan misi ini.

Bagusnya Gantz

Pertama karena banyak banget misteri dan pertanyaan-pertanyaan tentang Gantz dan misi mereka. Kedua karena setiap misi, makin lama makin kuat musuhnya. Ketiga, karena tingkat emosionalnya tinggi. Misalnya Katou (temennya Kurono) yang tinggal sama adiknya yang masih kecil dirumah dan harus tetep survive biar adiknya ngga tinggal sendiri. Banyak juga ikatan-ikatan pertemanan antara tim Gantz ini yang harus putus karena banyak yang mati. Ceritanya manga ini juga seru dan ngga terduga banget.

Penilaian lain yang agak netral dan harus diketahui tentang Gantz adalah manga ini ada pornonya sedikit, dan banyak adegan sadis dimana kepala terpotong, dan sebagainya. Jelas bukan untuk anak kecil sih.

download2

Pelajaran dari Gantz

Jadi dari semua hal itu kan kita bisa belajar sesuatu ya, nah gitu juga dari manga. Di Gantz ada beberapa poin yang gue catet dan inget.

  1. Orang bisa berubah. Misalnya si Kurono yang digambarkan mesum dan egois, ngga mau nolong orang lain, pelan-pelan jadi mencontoh temennya yang ksatria, si Katou. Dia mulai menolong orang lain yang lemah, dan sisi mesumnya hilang ketika dia deket sama cewe pendiam yang kutu buku. Karakter lain yang nyebelin banget, Nishi juga nanti akan menyelamatkan bocah kecil ketika diserang monster.
  2. Jadilah ksatria dan Do the right thing. Bantu yang perlu dibantu. Jangan membunuh yang lemah. Sifat ini ditunjukkin sama Katou, temennya Kurono.
  3. Jangan mudah menyerah. Walaupun keliatannya ga akan menang, tetep maju. Ada adegan keren banget si Katou, ketika lawan satu monster yang hebat banget, dimana veteran-veteran Gantz aja mati, dia masih maju. Ketika ditanya sama orang lain, “Kok kamu maju sih, padahal uda pasti kamu akan kalah dan mati”, si Katou jawab, “Saya juga berpikir begitu. Tapi kalau saya ngga percaya saya bisa menang, saya beneran ngga akan menang”
  4. Mahluk hidup lain juga punya perasaan, jadi jangan menyakiti mahluk hidup lain. Gantz ini nantinya akan memperlihatkan kalau sebagaimana kita menjadikan hewan itu makanan, dan membunuh semut tanpa berpikir, nanti ada adegan dimana manusia akan jadi makanan hewan, ada pabrik dimana manusia digantung untuk jadi persediaan makanan.
  5. Ada yang lebih baik dari kekuatan dan kepintaran, yaitu kemampuan bertahan hidup dan adaptasi

Nah gitu deh. Menurut gue Gantz ini keren banget sih. Sekian dulu review dari gue, ketemu lagi di review lainnya!
/Satu