Inspirasi, Personal, Teman, Ulasan

RIP Wayne Static

Static-X
Static-X

Berita ini udah agak ketinggalan. Gue baru sadar ketika nonton youtube mereka dan komen-komen dibawahnya bilang “RIP Wayne Static”. Sebagai penulis memorial, dan biar gue bisa merekam jejak musisi yang gue suka untuk gue ceritain ke anak gue, gue nulis post ini.

Wayne Static adalah vokalis dan pentolan dari band rock Static-X. Di poster diatas, dia ketiga dari kiri. Gue mulai kenal Static-X pas jaman Linkin Park, sekitar SMP-SMA gitu. Udah lama banget emang. Tapi bisa dibilang, pada jaman itu gue yang baru main musik, lagi cari-cari jati diri musik gue. (benerin kepang). Jadi waktu SMP awal gue suka boyband-boyband gitu, terus awal main gitar main pop indonesia, makin SMA gue makin ngerock dan salah satu influence nya ya Static-X ini.

Karena ngga terlalu terkenal, gue juga cuma tau sedikit lagunya Static-X, tapi bukan tentang kuantitasnya sih, tapi kualitas. Karena lagu-lagu ini ngga bosen gue dengerin dan terus aja enak dikuping.

Sedikit Tentang Wayne

Wayne itu suaranya khas. Ibaratnya mirip serek-serek Jonathan Davis nya Korn tapi ngga sama banget. Rambutnya lancip-lancip keatas dan yang paling keliatan, janggutnya yang panjang banget dan dikuncir.

Gue baca di wikipedia, Wayne nama panjangnya Wayne Richard Wells. Lahir tahun 1965 di Amerika. Bapaknya ngasih dia gitar mainan ketika 3 tahun dan gitar beneran ketika 7 tahun. Setahun setelahnya dia menang kontes bakat anak di bidang musik. SMP dan SMA terus main musik. Walaupun begitu, menurut interview di youtube, awalnya Wayne ga serius dan ga menyangka Static-X ini akan bisa terkenal, dia cuma jalanin karena hobi aja.

Tahun 2014, 3 hari sebelum hari ulang tahunnya, Doi meninggal dalam tidur karena malamnya minum obat, dan obatnya komplikasi.


Selamat jalan, Bang. Terima kasih atas karyanya yang asik!