Film, Ulasan

Host, yang bikin ngeri-ngeri sedap

Film horror model video conference emang udah bukan hal baru. Gue engga terakhir kali nonton genre kaya gini kapan, tapi gue seinget gue, film sebelumnya engga se-ngeri Host ini.

Uniknya film ini dikemas dengan sederhana banget. Sekelompok teman mengisi lockdown mereka dengan video call barengan. Sesuatu yang kayanya mereka uda biasa lakukan juga. Tapi kali ini ada yang spesial, mereka bikin acara baru yaitu melakukan ritual pemanggilan arwah. Katanya sih aman dan ada “orang pinter” yang ikut dalam sesi Zoom mereka. Tentunya engga seru kalo semua aman-aman dan gada apa-apa kan.

Walaupu dikemas sederhana banget, dan terhitung pendek (57 menit), film ini sukses bikin gue sama Uci ketakutan dari awal film. Angle kamera dan settingan sih kayanya. Mirip sama film pendek judulnya Lights Out, pernah nonton ga? yang orang di kamar pas matiin lampu, dia liat bayangan. trus dinyalain, ilang. dimatiin lagi, muncul. dan seterusnya. Itu idenya juga sederhana bangeti deliver nya manis banget. Serem.

Nilai

  • cerita: 7
  • sinematografi: 8
  • akting: 7,5
  • musik: 6
  • jumpscare: yes
  • film yang mirip: Paranormal Activity

Abis nonton film ini

Ga ada efek berkelanjutan sih. Namanya juga film ringan dan jump scare ya. Ceritanya juga ga unik atau gimana. Tapi tetep gue rekomendasiin ke lo yang suka horror, cobain deh film ini. Kalo suka Paranormal Activity, tebakan gue akan suka film ini juga.

Area spoiler

Kemarin ada yang bilang review gue terlalu pendek, dan katanya bagus juga kalo gue kupas abis film nya. Jadi gue mau cobain dengan pake menu tertutup, jadi khusus untuk yang udah nonton aja.

Spoiler isi film

Kesimpulan paling utama dari film ini adalah: Kalo lagi upacara manggil arwah, hormati arwahnya dan jangan bohong. Karena Jemma bohong soal arwah temennya yang gantung diri (padahal ga beneran ada orangnya), para arwah jahat jadi bisa “wah ada yang ngibul dan pura-pura ada temen yang gantung diri nih, gue masuk beneran deh”. Aktingnya juga bagus, jadi gue kira juga awalnya itu beneran. Soalnya Haley kan bilang ada yang nyentuh pundaknya (dan dia ga bohong). Eh ternyata Jemma bohong, jadilah arwah jahat masuk.

Engga langsung arwah jahat dulu deng. Awalnya masih belum tau. Setannya cuma tarik bangku aja. Kemudian Seylan si orang pinter minta si cewe-cewe ini tanya ke arwahnya, “apa kamu teman atau bukan?” dan jawabannya agak agresif, jadi langsung bisa disimpulkan kalau arwah jahat yang masuk.

Beberapa scene menyeramkan di film ini juga lumayan bagus sih. Misalnya Caroline yang di pentok-in ke laptopnya. Efek orang gantung diri waktu Caroline ke loteng. Ketika Genny diangkat ke langit dan di pelintir kepalanya. Ketika pacarnya Radina jatuh dari langit-langit.