Film, Ulasan

Midnight Mass, Film (Seri) Horor Sekte Yang Berbobot

Kombinasi agamis ekstrimis, mendekati sekte, dan horor misteri, diaduk manis di Midnight Mass.

Film ini cuma 1 season dan tamat dalam 7 episodes. Gue mulai film dengan ekspektasi filmnya akan cepet temponya. Tapi ternyata pelan. Satu episode nya sekitar sejam sih. Jadi pas diawal gue mulai bosen. Tapi untung gue bertahan. Karena makin lama makin build up dan tambah intens. Gue suka sih kalo model meledak di akhir gitu.

Jadi Midnight Mass ceritanya tentang penduduk di pulau kecil di Amerika Serikat. Cuma 127 orang penduduknya disana. Hampir semuanya agamis dan memeluk agama kristen. Jadi ada 1 gereja dan banyak orang kesana. Eh ga banyak juga deng. Karena pastur yang disana udah tua banget dan sakit-sakitan. Pada suatu hari datang pastur muda yang baru, gantiin yang tua itu. Ceramahnya bagus, dan sejak ada dia, mulai banyak keajaiban yang muncul. Makin banyak dong orang datang ke gereja. Tapi apa benar itu keajaiban dari tuhan? muhaha disitu intrik-intriknya.

si pastur muda
si pastur muda

Sinematografi. Ini aspek yang paling bagus dari film seri ini menurut gue. Pengambilan sudutnya bagus semua. Gue beneran bisa merasakan suasana di desa itu yang sepi dan kumuh, tapi juga normal. Kaya sesuatu yang bisa gue relate (padahal gue ga pernah tinggal di lingkungan kaya di film itu).

Ceritanya juga bagus. Walaupun lambat di awal. Ohhhh, ada lagi yang menonjol dalam film ini, dan gampang terlewati kalo lo cuma penonton yang ga terlalu merhatiin detail. Pesan film ini. Pesannya itu sebenarnya dalem banget. Gue bilang ga ya disini? Ga kaya spoiler juga sih, jadi gue bilang aja deh. Pesannya, menurut yang gue rasain, adalah ayat-ayat di kitab suci itu, ga boleh diambil sepotong-sepotong dan literal. Kalo diambil sepotong-sepotong sesuai dengan kemauan kita, dan di artikan secara literal, nah jadinya bisa kaya di film ini.

Audionya juga gue suka. Aktingnya juga oke banget, terutama si pastur muda.

Gue ga bisa inget film apa yang mirip “rasa” nya sama Midnight Mass ini. Tapi karena bagus, gue akan langsung rekomendasiin lo untuk nonton.