Film, Ulasan

The Unforgivable, Sedih Banget Tapi Bagus Banget

Di bagian puncak film ini, gue nangis sesenggukan seraya mengutuk di dalam hati: “Ini nih yang bikin gue ga suka dari film drama”. Jaman-jaman Pursuit Of Happiness itu gue masih suka drama. Karena dia happy ending kan. Trus Hachiko bikin gue berubah 180 derajat. Ga bisa gue nonton kalo ada hewan super setia dan ga happy ending gitu. Sejak itu gue ga nonton drama, karena ga mau sedih huhu.

Tapi tentu aja gue buka pengecualian-pengecualian. Misalnya kalo ceritanya berdasarkan kisah nyata, atau misalnya gue suka banget sama aktornya, atau misalnya  gue tertarik sama sinopsisnya. The Unforgivable ini gue tertarik karena ada mbak Sandra Bullock yang selalu bagus aktingnya, dan juga sinopsisnya bikin penasaran.

Sinopsis

Mbak Sandra ini ceritanya baru bebas dari 20 tahun di penjara. Karena menembak polisi. Waktu dulu dia nembak dan ditahan, adeknya yang masih 5 tahun, harus diambil negara dan akhirnya diadopsi. Tapi dia ga tau menau soal kabar adeknya itu. Dan karena tinggal adeknya keluarga satu-satunya, jadi dia nyari dong. Tapi tentu tidak semudah itu, alesandro. Antara kesulitan dia dalam pekerjaan dan hubungan sosial (karena statusnya napi pembunuh polisi), dia juga berhadapan dengan keluarga angkat adeknya yang nggak koperatif, juga anak-anak dari polisi yang dia bunuh. Ceritanya menjadi satu dalam paduan yang bagus banget.

Mbak Sandra sama temennya
Mbak Sandra sama temennya

Yang bikin film ini bagus dan harus lo tonton

Ceritanya sih, itu alasan utamanya. Faktor terkuatnya. Banyak pelajaran yang bisa diambil dari situ. Gue aja sampe menahan diri dari bayangin 20 tahun di penjara, nulis surat buat orang yang kita sayang, tapi ga dapet balasan sekalipun. hiii ngeri.

Akting bagus banget. Sinematografi ga the best sih. Musik juga. Tapi tetep ga bikin nilai keseluruhan film ini berkurang di mata gue.

Pelajaran dari film ini

Gue suka nih bagian ini. Pertama, gue suka di film ini, walaupun kesannya seisi dunia ngelawan kita, kalo kitanya jadi orang baik, tetep akan ada orang baik yang nolong, walaupun dikit banget. Kedua, cinta dan kasih sayang kakak ke adek yang hebat banget. Nanti di filmnya lo akan tau kenapa si kakak sayang banget sama adeknya. Saking hebatnya, sampe melakukan hal yang diluar kewajaran (in a good way). Ketiga, keliatan kalo apa yang kita lakukan itu akan ada ripple effect nya, alias efek rantainya. Misalnya si Sandra bunuh polisi, dan polisinya punya anak. Anak-anaknya jadi simpan dendam. Dan makin jauh dari kejadian sebenarnya, makin bias dan berubah juga informasinya. Jadi bisa salah-salah tebak gitu. Jadinya asumsi, dan aksi yang dipilih, akan berdasarkan data yang salah.

Masih ada lagi sih pelajarannya, tapi gue sisain buat kalian aja nanti kalo nonotn sendiri.

Film yang mirip

Menurut gue yah yang drama berhubungan dengan keluarga. Pursuit of Happiness, trus Changeling. The Sinner (film seri) juga ada rasa-rasa yang sama sih kalo di radar gue.

Yang jelas film ini recommended banget lah buat yang suka film-film tentang pelajaran hidup. Selamat nonton!